Spiga

1. IIS
Di situs microsoft.com, IIS yang memang produk microsoft itu merupakan kependekan dari Internet Information Services. Sama halnya dengan Apache, IIS juga merupakan sebuah HTTP web server yang berfungsi.

2. Download Vs Upload
Jika download adalah suatu proses yang dilakukan untuk menerima file baik yang dikirim dari PC lain atau pun yang sengaja "diambil", maka Upload adalah sebaliknya yaitu suatu proses mengirimkan atau "meletakkan" file ke komputer lainnya.
Download dan upload dapat dilakukan secara bersamaan pada satu waktu yang sama, tetapi dapat menyebabkan proses download/upload menjadi lebih lambat terutama apabila koneksi yang digunakan memiliki bandwith yang rendah.

3. HTTPS
HTTPS singkatan dari HyperText Transport Protocol Secure, memiliki pengertian sama dengan HTTP tetapi dengan alasan keamanan (security), HTTPS memberi tambahan Secure Socket Layer (SSL). Umumnya website.

4. Bandwith
Bandwith menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dikirimkan melalui jaringan atau koneksi modem. Bandwith biasanya diukur dalam satuan bits per second (bps).

Untuk memudahkan, pemahaman tentang bandwith bisa didekati dengan contoh jalan raya yang dipenuhi oleh mobil yang berlalu lalang, dimana jalan raya adalah koneksi jaringan dan mobil-mobil adalah data sedangkan lebar jalan adalah bandwith. Semakin lebar jalan raya maka semakin banyak mobil yang dapat melaluinya pada suatu waktu, dan semakin cepat pula untuk sampai di tujuan.

Pemisalan di atas, secara prinsip sama dengan penjelasan mengenai bandwith. Semakin lebar bandwith pada koneksi jaringan/modem maka akan semakin banyak pula data/informasi yang dapat ditransfer pada suatu waktu.

5. Array
Array bisa dikatakan sebagai suatu bentuk struktur data dalam pemrograman komputer yang mengelompokkan elemen-elemen dalam satu kelompok yang sama, misalkan tipe data integer atau string. Penggunaan array ini umumnya bertujuan agar data yang memiliki nilai-nilai yang saling berhubungan dapat lebih mudah diurutkan atau lebih mudah dalam proses pencarian (searching).

0 komentar: